Ini adalah versi blog dari Jurusan Fisika UM. Sekedar berbagi Informasi saja. Untuk lebih baru dan update serta dilengkapi dengan berbagai informasi, Forum Diskusi dan Pekuliahan silahkan kunjungi http://fisika.um.ac.id

29 Agu 2007
Jurusan Fisika kemarin malam Selasa, 28 Agustus 2007 melakukan pengamatan dan peneropongan Gerhana bulan, Pemantauan ini dilakukan dengan bantuan freeware Cybersky sehingga dengan freeware ini dapat diperkirakan kapan akan terjadi fenomena alam seperti ini, meskipun anda dapat mendengarkan radio, siaran televisi atau info dari internet tentu akan mendatangkan kepuasan tersendiri bagi anda jika anda yang mengetahuinya sendiri :)


Gerhana Bulan 19.20

Pengamatan kemarin malam dilakukan mulai pukul 17.00 [masa terbenam matahari] tempat pengamatan berada di gedung baru yang berlokasi di Fakultas MIPA 0-7 [tepatnya dekat tempat parkir] Gedung ini nantinya [lantai 4] akan digunakan khusus untuk kegiatan seperti ini.
namun sayang pengamatan baru bisa dilakukan mulai setelah sholat magrib atau sekitar pukul 18.10 karena langit sangat mendung saat itu. Alhasil proses awal menuju gerhana total tidak bisa terekam oleh kami. Cukup lama kali ini proses terjadinya gerhana kurang lebih 1,5 jam jadi bisa dengan santai kita menikmatinya.


Suansana Pengamatan Bulan
(antusian mahasiswa sangat besar pada event seperti ini)

Untuk merekam hasil peneropongan ini Lab kami sudah memodifikasi sebuah PC-Camera yang dapat dihubungkan dengan PC melalui kabel AV dan dicapture oleh TV tuner yang ada pada PC. Hasilnya cukup jelas. Dan setelah acara peneropongan ini selesai film langsung kami bakar [burning] untuk diberikan pada Jawa Pos radar malang. Ini merupakan inisiatif dari Bapak Drs. Sutrisno M.T yang selaku pembimbing dan penanggung jawab Lab. Astronomi Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang, agar hasil liputan dapat dinikmati oleh warga sekitar malang, sukur-sukur jika salah satu televisi lokal mau berkenan untuk menayangkannya.

Sebenarnya tidak hanya event tertentu saja Jurusan Fisika melakukan pengamatan, setiap bulan pasti meluangkan waktu untuk berdiam diri sambil mengamati bulan dan segala aktivitasnya, bukan hanya Bulan, Jupiter dan Mars serta objek angkasa tidak terlepas dari bidikan teropon Maede kami. Kegiatan ini juga menjadi salah satu dari Matakuliah yang menjadi pilihan yang ada di Fakultas MIPA universitas negeri malang, membawa remote teropong.


Gerhana Bulan 18.15

Berkaitan dengan postingan saya sebelumnya, mengenai teropong jarak jauh yang bisa diakses dari intenet, semoga kegiatan peneropongan seperti ini nantinya bisa menjadi salah satu agenda rutin sehingga anda juga dapat dengan mudah menimati indahnya langit malam hari serta benda langit yang menghiasinya, Sebuah Cipta dari Alloh SWT dan tentunya bersama kami Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang

Jika anda tertarik dengan Astronomi Jurusan Fisika maka silahkan anda bisa menghubungi yang bersangkutan untuk melakukan pengamatan bersama. Beberapa SMA baik dari kota Malang ataupun dari luar kota sudah sering berkunjung ke Jurusan Fisika UM. Atau anda bisa kunjungi blog yang dikelola oleh ahlinya siapa lagi kalo bukan.... (Om Tris)

INFO PENTING : Untuk data pengamatan kedepan akan berlangsung Gerhana Matahari parsial terjadi tanggal 11 September 2007, semoga saja kita juga bisa menikmati, namun jangan menggunakan kontak mata secara langsung akan berakibat buruk bagi anda.
[thenmustputut - agustus 2007]

1 comments:

Saifuddin Zuhri mengatakan...

Groub facebook Malang Astronomy Club (MAC). https://www.facebook.com/groups/506888049338368/ silahkan bergabung...